Penipuan Di Kapal Pesiar

Hati-hati terhadap berbagai jenis penipuan tentang pekerjaan di kapal pesiar!

Terdapat banyak jenis penipuan tentang pekerjaan di kapal pesiar di Indonesia. Yang paling banyak ditemui adalah dua jenis penipuan di Indonesia

Jenis penipuan yang pertama yaitu terdapat banyak orang yang mengaku melakukan perekrutan untuk kapal pesiar dan mereka mengaku mempunyai hubungan dengan perusahaan kapal pesiar dan atau perusahaan perekrutan untuk kapal pesiar. Biasanya mereka meminta uang dengan jumlah yang cukup besar dan memalsukan dokumen perekrutan untuk Anda. Perusahaan kapal pesiar dan agen perekrut kapal pesiar saat ini telah mengambil tindakan hukum yang serius untuk mengatasi masalah ini. Jadi Anda jangan mencoba mendapatkan pekerjaan di kapal pesiar dari orang-orang tersebut di atas, karena bisa saja Anda akan mendapatkan masalah. Perusahaan kapal pesiar dan aperusahaan perekrutan untuk kapal pesiar tidak bekerjasama dengan pihak ketiga.

Pertama-Tama, Mengapa Seseorang Tidak Mendapat Pekerjaan Di Kapal Pesiar?

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah berikut. Di beberapa wilayah di Indonesia, terdapat banyak penipuan terkait pekerjaan kapal pesiar. Banyak orang tidak mengetahui cara mendapat pekerjaan kapal pesiar. Akhirnya, pelaku kriminal menyadari bahwa ketidaktahuan Anda mana informasi yang benar, mana yang tidak. Anda pun menjadi sasaran empuk. Akan kami tunjukkan jenis-jenis penipuan yang terjadi.


Iklan Palsu di Facebook

Kerja kapal pesiar - Iklan Palsu Facebook
Contoh Iklan Palsu di Facebook

Penipuan biasanya dilakukan oleh orang dari negara asing, seperti negara-negara di Afrika. Namun, di Indonesia, juga ada orang yang menipu dan biasanya lewat Facebook. Tiba-tiba, Anda melihat iklan tentang pekerjaan di kapal pesiar. Biasanya, tulisan dalam iklan tersebut menggunakan bahasa Inggris yang salah. Ketika Anda menghubungi mereka, mereka menyuruh Anda untuk membayar visa dan hal lain.

Mereka mengatakan hal-hal yang sangat menjanjikan, tetapi perusahaan kapal pesiar tidak menggaji seseorang sebesar sepuluh ribu dolar Amerika untuk bekerja di bagian binatu. Itu terlalu muluk-muluk dan janganlah menjawab. Mereka tidak memiliki laman internet karena polisi bisa melacak mereka dengan mudah. Mereka hanya memakai Facebook dan WhatsApp. Sekali mereka mendapat uang Anda, mereka mengeblok nomor Anda atau mengganti nomor.

Perekrut Palsu

Beberapa orang menganggap dirinya adalah perekrut dari perusahaan kapal pesiar. Bagaimana Anda tahu bahwa hal ini benar? Tanyakan mereka perusahaan kapal pesiar mana yang mereka wakili. Kemudian, buka laman internet perusahaan kapal pesiar tersebut. Di sana, Anda akan selalu menemukan daftar agen perekrut resmi.

Kerja kapal pesiar - Maritime Labour Convention MLC 2006

Menurut hukum, agen resmi tidak dibolehkan untuk meminta uang (Maritime Labour Conference, 2006; MLC 2006)! Kalau perekrut meminta uang, pasti perekrut itu palsu. Kalau Anda tidak memercayai perekrut tersebut, hubungi agen resmi dan laporkan situasinya. Laporkan juga perekrut tersebut kepada polisi. Sebelum menyerahkan uang (seperti uang untuk Marlins Test), minta kartu identitas (KTP atau paspor) perekrut tersebut walaupun kartu identitas pun bisa dipalsukan. Temui perekrut secara langsung dan ambil foto bersama mereka.

Biasanya, di laman internet perusahaan kapal pesiar, ada daftar penipu. Jadi, Anda bisa memastikan dari sana. Beberapa orang berkata bahwa mereka bukan perekrut, tetapi mereka bisa menjanjikan Anda pekerjaan di kapal pesiar. Biasanya, mereka menyatakan bahwa mereka mengetahui perekrut resmi. Mereka melakukan hal ini karena Anda tidak mengetahui cara kerja penipuan ini dan Anda mungkin tidak tahu cara mengecek kebenarannya. Apa yang mereka lakukan adalah memalsukan dokumen untuk bekerja di kapal pesiar. Namun, ingat bahwa jika Anda bekerja dengan dokumen palsu, Anda telah melakukan sesuatu sangat ilegal dan nama Anda akan dicoret dari pekerjaan di kapal pesiar selamanya.

Wawancara Palsu

Pasti juga terdapat wawancara palsu. Jangan pernah membayar! Bacalah teks di atas untuk bertindak atau untuk memastikan.

Surat Elektronik Palsu

Beberapa penipu pekerjaan kapal pesiar menggunakan surat elektronik palsu! Hal ini sangat mudah dibedakan. Anda bisa melihat perbedaannya: [email protected] (palsu) dan [email protected] (asli). Kalau Anda tidak yakin, kirim alamat surel tersebut ke perusahaan kapal pesiar yang mereka wakili.

Content is protected