Bekerja di Kapal Pesiar – Deskripsi Pekerjaan untuk Departemen Dek dan Kemudi

Nakhoda / Kapten (master)

Nakhoda/Kapten mengawasi dan secara keseluruhan bertanggung jawab atas seluruh operasi di kapal pesiar/ kapal besar dalam semua aspek. Dia melapor langsung kepada wakil presiden operasi maritim di daratan. Semua orang yang bekerja di kapal adalah bawahan kapten. Nakhoda/Kapten memiliki semua lisensi yang diperlukan dan sertifikasi oleh badan pengatur maritim yang diakui. Dia harus memiliki pengalaman yang luas dalam posisi maritim serupa di kapal lain. Dia harus memiliki pengalaman yang solid dalam peralatan navigasi dan komputerisasi. Dia harus memiliki pemahaman yang baik tentang ketentuan dan peraturan USPH dan ia harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib. Dia harus memiliki pemahaman yang baik mengenai semua peraturan STCW terbaru.

Mualim satu

Mualim satu adalah seorang perwira navigasi yang ditunjuk dan mengawasi semua personil anjungan dan perwira. Dia melapor langsung kepada mualim dan atau kapten/master. Dia harus memiliki semua lisensi dan sertifikasi yang dibutuhkan oleh badan pengatur maritim yang diakui. Dia harus memiliki pengalaman dalam posisi yang sama di kapal lain. Dia harus memiliki pengalaman dan pemahaman tentang navigasi dan komputerisasi peralatan terbaru yang digunakan di kapal.
Dia harus memiliki pemahaman yang baik tentang ketentuan dan peraturan USPH dan dia harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib. Dia harus memiliki pemahaman yang baik tentang peraturan STCW terbaru.

Mualim kedua

Mualim kedua adalah seorang perwira navigasi yang ditunjuk dan bawahan mualim pertama. Dia melapor langsung kepada mualim dan akhirnya kepada kapten/master. Dia harus memiliki semua lisensi dan sertifikasi yang dibutuhkan oleh badan pengatur maritim yang diakui. Dia harus memiliki pengalaman dalam posisi yang sama di kapal lain. Dia harus memiliki pengalaman dan pemahaman tentang navigasi dan komputerisasi peralatan terbaru yang digunakan di kapal. Dia harus memiliki pemahaman yang baik tentang ketentuan dan peraturan USPH dan dia harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib. Dia harus memiliki pemahaman yang baik mengenai semua peraturan STCW terbaru.

Mualim ketiga

Mualim ketiga adalah seorang perwira navigasi yang ditunjuk. Dia melapor langsung kepada mualim pertama dan atau mualim dan akhirnya kapten. Dia harus memiliki semua lisensi dan sertifikasi yang dibutuhkan oleh badan pengatur maritim yang diakui. Dia harus memiliki pengalaman dalam posisi yang sama di kapal lain. Dia harus memiliki pengalaman dan pemahaman tentang navigasi dan komputerisasi peralatan terbaru yang digunakan di kapal. Dia harus memiliki pemahaman yang baik tentang ketentuan dan peraturan USPH dan dia harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib. Dia harus memiliki pemahaman yang baik tentang semua peraturan STCW terbaru.

Markonis / kepala perwira radio

Markonis/kepala perwira radio memelihara komunikasi radio antara kapal dan darat. Dia dengan terampil menjaga elektronik dan perbaikan telegraf dan mengawasi semua operasi dari sambungan satelit, faks, lalu lintas internet dan lain-lain. Dia melapor langsung kepada kapten. Dia harus memiliki semua lisensi yang diperlukan dan sertifikasi dari badan pengatur maritim yang diakui. Dia harus memiliki pengalaman kerja yang luas dalam posisi yang sama pada kapal. Dia harus memiliki pemahaman yang baik tentang navigasi peralatan elektronik dan komputerisasi terbaru. Dia harus memiliki pemahaman yang baik tentang ketentuan dan peraturan USPH dan dia harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib. Dia dia harus memiliki pemahaman yang baik mengenai semua peraturan STCW terbaru.

Perwira keamanan

Perwira keamanan menangani semua keamanan bagi seluruh kapal sepanjang waktu. Dia bertanggung jawab atas semua operasi keamanan selama embarkasi dan debarkasi. Dia bertanggung jawab untuk pelarangan obat. Dia memiliki pengalaman dengan senjata api. Dia melapor langsung kepada kapten kapal. Dia harus memiliki pemahaman yang baik mengenai semua ketentuan dan peraturan USPH dan dia harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib. Dia harus memiliki pemahaman yang baik mengenai semua peraturan STCW terbaru.

Juru dek / geladak

Juru dek/geladak bertanggung jawab untuk dan mengawasi semua staf dek dan kegunaan untuk tugas-tugas seperti: perawatan, pembersihan di semua bidang, tugas tali dek di embarkasi/debarkasi kapal dan pengawasan operasi sekoci. Dia melapor langsung kepada mualim dan akhirnya kepada kapten. Dia harus memiliki pengalaman dalam posisi yang sama di kapal lain. Dia harus memiliki pemahaman yang baik tentang ketentuan dan peraturan USPH dan dia harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib. Dia harus memiliki pemahaman yang baik mengenai semua peraturan STCW terbaru.

Kadet dek

Kadet dek biasanya adalah pemagang sekolah maritim dalam proses lulus dan dengan karier maritim di hadapannya. Dia melapor langsung kepada mualim. Posisinya tidak menuntut ada persyaratan lain selain pendidikan. Dia harus memiliki pemahaman yang baik tentang ketentuan dan peraturan USPH dan dia harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib. Dia harus memiliki pemahaman yang baik mengenai semua peraturan STCW terbaru.

Serang

Serang di kapal bertanggung jawab dalam pengawasan dan pemeliharaan semua stasiun tempat ia ditugaskan. Dia membantu semua operasi sekoci seperti yang diarahkan oleh perwira keamanan. Dia melapor langsung kepada mualim. Dia membutuhkan minimal dua tahun di posisi bawahan kapal. Dia harus memiliki ijazah sekolah pelatihan maritim terakreditasi. Dia harus memiliki pemahaman yang baik tentang ketentuan dan peraturan USPH dan dia harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib. Dia harus memiliki pemahaman yang baik tentang semua peraturan STCW terbaru.

Pekerja Utilitas Dek / Kelasi

Kelasi bertanggung jawab untuk semua perawatan di kapal seperti: pengecatan, tugas tali-temali dek saat embarkasi/debarkasi kapal, membantu operasi sekoci dan pembersihan semua area. Dia melapor langsung kepada mualim dan atau juru geladak. Dia harus memiliki pemahaman yang baik tentang ketentuan dan peraturan USPH dan dia harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib. Dia harus memiliki pemahaman yang baik mengenai semua peraturan STCW terbaru.

Tukang kayu

Tukang kayu di kapal bertanggung jawab untuk semua perawatan kayu, pertukangan, dan bagian-bagian yang terbuat dari kayu. Dia melapor langsung kepada direktur. Dia harus menjadi tukang kayu terampil dalam latar belakang terkait dan harus memiliki pengalaman dengan kapal sebelumnya. Dia harus memiliki pemahaman yang baik tentang ketentuan dan peraturan USPH. Dia harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib. Dia harus memiliki pemahaman yang baik mengenai semua peraturan STCW terbaru.

Staff captain / Deputi Nakhoda / Deputi Kapten

Staff captain adalah pemimpin kedua di kapal dan bertanggung jawab atas operasi sehari-hari dan pengawasan departemen dek. Dia membantu Nakhod dengan semua tugas administrasi dan navigasi. Dia bertanggung jawab untuk moral dan disiplin dari semua awak kapal dan berkomunikasi secara efektif dengan semua kepala departemen. Dia mengkoordinasikan ronda inspeksi, tindakan disipliner, pertemuan penilaian serta memantau kinerja staf, dengan mempertimbangkan keselamatan dan kesehatan para penumpang dan awak kapal pada kapal pesiar. Staff captain bertanggung jawab atas latihan keselamatan kru dan penumpang darurat wajib dan memastikan bahwa semua penumpang dan awak kapal memiliki pemahaman yang jelas tentang prosedur yang harus diikuti. Dia harus memiliki gelar dari akademi kelautan terakreditasi dan membutuhkan catatan bersertifikat pengalaman kerja berlayar di laut dalam semua posisi perwira bawahan departemen dek. Dia harus selalu menunjukkan kepemimpinan yang kuat, memiliki pemahaman yang baik tentang manajemen personil, dan harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Dia menempati posisi yang menuntut dalam hal perencanaan akurat dalam delegasi dan organisasi departemen dek. Dia harus memiliki pengetahuan yang baik tentang komputer serta peralatan elektronik, navigasi, komunikasi dan stabilitas yang digunakan dewasa ini di atas kapal pesiar. Dia harus bereaksi dengan tenang, tegas dan cepat dalam situasi darurat. Dia juga memiliki fungsi publik dan berbagai tugas sosial di atas kapal. Dia harus memiliki pengertian baik tentang ketentuan dan peraturan U.S.P.H. dan S.T.C.W.

Chief mate / chief officer / Mualim satu

Mualim 1 bertanggung jawab atas navigasi di anjungan dan mengawasi semua perwira departemen dek serta pelaut di atas kapal. Dia bertanggung jawab untuk penugasan dan penjadwalan jam kerja untuk semua staf bawahan serta alokasi cuti untuk staf dek. Dia memastikan bahwa nakhoda selalu memiliki informasi terbaru mengenai kondisi departemen dek, serta perilaku dan kehandalan seluruh personel dek. Dia memastikan bahwa semua pekerjaan pemeliharaan dan perbaikan di departemen dek, di lambung kapal dan pada semua peralatan dilakukan. Dia, sebelum berangkat, memastikan bahwa semua peralatan dan perlengkapan telah aman sehingga kapal dapat berangkat dan melaporkan ini ke nakhoda kapal. Dia juga melaporkan tentang status dan kesiapan kru. Dia mengawasi perwira navigasi dan juga bertanggung jawab atas inisiasi dan pelatihan personil dek, petugas dek dan pelaut.

Dia bertanggung jawab atas kebersihan kapal, prosedur pengendalian hama di kapal, serta pengolahan air. Dia juga bertanggung jawab atas kepatuhan dengan otoritas kesehatan pelabuhan U.S.P.H/ United States Public Health atau peraturan kesehatan, sanitasi dan higiene serupa. Dia harus memiliki gelar dari akademi kelautan terakreditasi dan membutuhkan catatan bersertifikat pengalaman kerja berlayar di laut dalam semua posisi perwira bawahan departemen dek. Dia harus menunjukkan kepemimpinan yang kuat, dan memiliki keterampilan baik dalam manajemen personil dan hubungan manusia. Dia harus memiliki pengetahuan yang baik tentang komputer serta peralatan elektronik, navigasi, komunikasi dan stabilitas yang digunakan dewasa ini di atas kapal pesiar. Dia harus bereaksi dengan tenang, tegas dan cepat dalam situasi darurat. Dia juga memiliki fungsi public, dan dalam berurusan dengan penumpang harus menunjukkan diplomasi dan berkomunikasi dengan sopan. Dia harus memiliki pengertian baik tentang ketentuan dan peraturan U.S.P.H. dan S.T.C.W.

Pengarah musik

Pengarah musik mengkoordinasikan semua susunan musik serta semua pertunjukan dan aransemen musik. Dia bertanggung jawab untuk melatih semua penyanyi dalam teknik suara dan mikrofon: proyeksi selama pertunjukan/musik; aksen, kalimat, dan memori; dan presentasi pertunjukan/musik secara keseluruhan. Dia mengawasi semua penghibur pertunjukan/musik. Dia melapor langsung kepada direktur kapal pesiar. Dia mengawasi semua musisi untuk sesi rekaman dan perekam ‘click-trap’. Dia harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib. Dia harus memiliki pemahaman yang baik mengenai semua ketentuan dan peraturan STCW.

Koreografer

Koreografer bertanggung jawab untuk mengaudisi semua penari dan penyanyi. Dia juga bertanggung jawab untuk menciptakan, memilih, dan mengajarkan semua gerakan di pertunjukan dan/atau musik. Dia melapor langsung kepada pengarah musik. Dia harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib di kapal. Dia harus memiliki pemahaman yang baik mengenai semua ketentuan dan peraturan STCW.

Duo

Duo (musik) kapal menyediakan, sesuai dengan kegiatan kapal dan perencanaan hiburan, suasana musik. Duo ini memainkan musik latar di semua ruangan atau tempat umum, mereka melakukan hiburan musik selama upacara khusus dan acara untuk hiburan penumpang di kapal. Para pemain duo harus memiliki pendidikan musik dan/atau harus memiliki pengalaman hiburan. Para anggota duo harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib di kapal. Para anggota duo harus memiliki pemahaman yang baik mengenai semua ketentuan dan peraturan STCW.

Pemain harpa

Pemain harpa ini menyediakan, sesuai dengan kegiatan kapal dan perencanaan hiburan, suasana musik. Dia memainkan musik latar di semua ruangan atau tempat umum, dia melakukan hiburan musik selama upacara khusus dan acara untuk penumpang. Dia harus memiliki pendidikan dan/atau pengalaman sebelumnya yang relevan. Dia harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib di kapal. Dia harus memiliki pemahaman yang baik mengenai semua ketentuan dan peraturan STCW.

Trio

Trio menyediakan, sesuai dengan kegiatan kapal dan perencanaan hiburan, suasana musik. Trio memainkan musik latar di semua ruangan dan tempat umum, menyediakan hiburan musik selama upacara khusus dan acara untuk penumpang. Para anggota trio harus memiliki pendidikan musik dan/atau pengalaman kerja sebelumnya sebagai penghibur acara. Para anggota trio harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib di kapal. Para anggota harus memiliki pemahaman yang baik mengenai semua ketentuan dan peraturan STCW.

Musisi

Musisi menyediakan suasana musik sesuai dengan kegiatan kapal dan perencanaan hiburan. Dia harus bermain musik untuk acara produksi di kapal, melakukan konser klasik dan jazz atau, menyediakan musik latar di seluruh tempat umum, melakukan hiburan musik selama upacara khusus untuk penumpang. Dia harus memiliki pendidikan musik dan/atau pengalaman kerja sebelumnya sebagai musisi. Dia harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib di kapal. Dia harus memiliki pemahaman yang baik mengenai semua ketentuan dan peraturan STCW.

Band

Band menyediakan suasana musik sesuai dengan kegiatan kapal dan perencanaan hiburan. Band memainkan musik di semua ruang dan tempat dan sebagai bagian dari acara produksi. Band ini akan melakukan konser klasik dan jazz atau, memutar musik latar, melakukan hiburan musik selama upacara khusus dan acara, atau bermain berbagai gaya musik dansa ballroom untuk kesenangan penumpang. Para anggota band harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib di kapal. Para anggota harus memiliki pemahaman yang baik mengenai semua ketentuan dan peraturan STCW.

Produser eksekutif

Produser eksekutif adalah orang yang mewujudkan konsep acara dari desain menjadi kenyataan. Dia menerima informasi dan persyaratan dari direktur hiburan jalur pelayaran. Dia merencanakan acara dalam hubungannya dengan direktur pelayaran. Dia harus melibatkan koreografer, pelatih vokal, dan penata musik. Dia harus memiliki pengalaman kerja sebelumnya dan atau pendidikan di hiburan. Dia harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib di kapal. Dia harus memiliki pemahaman yang baik mengenai semua ketentuan dan peraturan STCW.

Pramutamu

Pramutamu bekerja di meja depan dan menyediakan layanan tamu, memberikan informasi, menukar cek pelancong dan menangani mata uang asing, bertanggung jawab untuk surat masuk dan keluar, serta menyediakan solusi atas keluhan tamu. Pramutamu melayani kebutuhan tamu dengan sikap perhatian, ramah, dan positif. Pramutamu menunjukkan sikap yang sangat positif dan kesediaan untuk berpartisipasi penuh dalam lingkungan tim yang dinamis. Persyaratan menjadi pramutamu adalah: ijazah sekolah tinggi atau internasional yang setara. Pramutamu harus memiliki pengalaman kerja di posisi hubungan tamu di pekerjaan yang sama, di mana diperlukan layanan yang menghadapi pelanggan secara langsung. Pramutamu harus memiliki pengalaman kerja dengan ‘windows, word, excel, dan powerpoint’ sebelumnya. Pramutamu harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib di kapal. Pramutamu harus memiliki pengetahuan yang baik dari semua ketentuan dan peraturan STCW terbaru.

Staf media audio visual

Staf media audio visual bertanggung jawab untuk mensyuting acara-acara mingguan, wisata, penjadwalan program televisi, siaran langsung kapal, program musik, pemeliharaan peralatan, dan penyuntingan. Staf media audio visual harus memiliki gelar dalam produksi video, atau harus memiliki pengalaman yang setara sebelumnya. Staf audio visual harus memiliki keterampilan syuting dan penyuntingan yang sangat baik. Staf audio-visual harus memiliki pengetahuan yang baik dari sistem penyuntingan dan program penyuntingan. Staf audio-visual harus memiliki pengetahuan yang baik dari semua ketentuan dan peraturan STCW terbaru. Staf audio-visual harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib.

Instruktur panjat tebing

Instruktur panjat tebing adalah bagian dari staf pelayaran. Tanggung jawab instruktur panjat tebing adalah: mengorganisir pelajaran panjat tebing, operasional panjat tebing sehari-hari, dan bertanggung jawab untuk semua pemeliharaan dinding panjat dan peralatan yang digunakan. Tugas lain dari instruktur panjat tebing adalah tugas staf pelayaran seperti: membantu manajer tamasya darat di kapal, dan membantu di toko-toko. Instruktur panjat tebing harus besertifikasi, harus memiliki kepribadian yang ramah, harus menguasai bahasa Inggris dengan baik dan sebaiknya bahasa Eropa lainnya. Instruktur harus menghadiri semua latihan keselamatan wajib yang diadakan di kapal. Instruktur panjat tebing harus memiliki pemahaman yang baik tentang ketentuan dan peraturan STCW terbaru.

Animator

Animator ini merupakan bagian dari staf pelayaran. Animator bertanggung jawab untuk mengontak para penumpang, untuk semua kegiatan rekreasi di seluruh kapal. Animator bertugas memimpin dan menjadi mitra dalam kegiatan senam, dan membantu penumpang untuk bertemu dan bergabung dengan permainan yang diselenggarakan di kapal. Animator membutuhkan pengalaman kerja sebelumnya di bidang hiburan dan harus menguasai bahasa Inggris dengan baik dan sebaiknya berbicara dua bahasa Eropa lain. Animator harus menghadiri semua latihan keselamatan wajib yang diadakan di kapal. Animator harus memiliki pemahaman yang baik tentang semua ketentuan dan peraturan STCW terbaru.

Penata & Penjual Bunga (florist)

Penata & Penjual Bunga (florist) di kapal bertanggung jawab untuk menciptakan dan memelihara semua rangkaian bunga. Dia juga bertanggung jawab atas pemeliharaan semua tanaman di kapal. Dia beroperasi di kios bunga dan menjual bunga untuk para tamu di atas kapal. Dia memastikan bahwa semua bunga yang telah dipesan berhasil dikirim ke kabin penumpang. Dia melakukan seminar demonstrasi penataan bunga bagi penumpang kapal. Dia harus memiliki pengalaman kerja sebelumnya sebagai florist dan/atau dilatih di bidang yang bersangkutan. Dia harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan pelayaran yang wajib. Dia harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai semua ketentuan dan peraturan Konvensi Internasional tentang Standar Pelatihan, Sertifikasi dan Watchkeeping untuk Seafarers (STCW).

Purser dokumen

Purser dokumen bertanggung jawab untuk memastikan semua informasi dan dokumen penumpang siap untuk diperiksa di semua pelabuhan yang akan dikunjungi di seluruh dunia. Purser dokumen juga bekerja sebagai bagian dari tim Purser utama. Purser dokumen membutuhkan pengalaman kerja sebelumnya di posisi yang sama selama setidaknya satu tahun. Purser dokumen harus memiliki pengetahuan tentang semua sistem yang digunakan di kapal dan bagaimana cara memproses semua dokumen di kapal. Purser dokumen harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib di kapal. Purser dokumen harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai semua ketentuan dan peraturan STCW terbaru.

Direktur administrasi

Direktur administrasi bertanggung jawab untuk semua operasi yang berhubungan dengan semua pembayaran, register kas, dan uang tunai di kapal (pembelian dan penjualan). Direktur administrasi harus menyimpan dan memperbarui catatan dari semua operasi dalam buku kas. Direktur administrasi harus memiliki pengalaman kerja di posisi yang sama, lebih disukai menguasai bahasa Eropa kedua, dan keterampilan akuntansi yang kuat serta kualifikasi perguruan tinggi. Direktur administrasi harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib yang diadakan di kapal. Direktur administrasi harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai semua ketentuan dan peraturan STCW terbaru.

Spesialis sistem

Spesialis sistem kapal mengoperasikan, memelihara, dan memantau sistem komputer kapal. Spesialis sistem di kapal mendukung sistem komputer hotel, memantau lamanya komputer bekerja dan tersedia, serta menyediakan dukungan pelatihan pengguna untuk aplikasi baru. Spesialis sistem bertanggung jawab untuk pengendalian sistem internal, integritas data, dan keamanan database. Spesialis sistem bertanggung jawab untuk pemeliharaan dan perbaikan dari semua sistem otomatisasi terkait. Spesialis sistem bekerja dengan dan membantu personil kapal dalam mengidentifikasi modifikasi yang diperlukan dan perangkat tambahan sistem di kapal. Persyaratan untuk posisi ini adalah: ijazah sekolah tinggi, sarjana dan atau master dalam akuntansi atau pengolahan data. Spesialis sistem harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib yang diadakan di kapal. Spesialis sistem harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai semua ketentuan dan peraturan STCW terbaru.

Manajer personalia

Manajer personalia mengelola awak kapal. Para manajer personalia mendukung awak purser, bertindak sebagai penghubung antara departemen pelatihan dan manajer kapal. Persyaratan untuk manajer personalia adalah: minimal berusia 21 tahun, dengan rekam jejak terbukti di bagian personalia. Pengalaman di kapal diperlukan dengan keterampilan antarpersonil yang kuat, dan keterampilan komputer. Manajer personalia harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib dan harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai semua ketentuan dan peraturan STCW terbaru.

Koordinator kafe Internet

Koordinator kafe internet adalah bagian dari staf kapal pesiar. Koordinator kafe internet bertanggung jawab atas kafe Internet, kegiatan operasional harian dan pemeliharaan stasiun. Tugas awak kapal pesiar lainnya termasuk: membantu asisten manajer tamasya di darat dan toko-toko di kapal. Persyaratan untuk koordinator kafe Internet adalah: pengetahuan yang baik tentang Internet, perangkat lunak, dan teknologi, menguasai bahasa Inggris dan lebih disukai dua bahasa Eropa lainnya. Koordinator kafe Internet harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib. Koordinator kafe internet harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai semua ketentuan dan peraturan terbaru STCW.

Pemain musik ruang duduk (Lounge performer)

Pemain musik ruang duduk bekerja di berbagai lokasi di seluruh kapal: di piano bar, café, kelab malam (nightclub), teater dll sepanjang hari dan malam juga, menyajikan komposisi dia sendiri. Dia harus berbakat, dan mampu memainkan beragam gaya musik yang luas. Pemain musik ruang duduk melapor langsung ke direktur bagian hiburan (cruise director). Dia harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib di atas kapal. Dia harus memiliki pengetahuan yang baik tentang semua ketentuan dan peraturan Standards of Training, Certification and Watchkeeping for Seafarers (S.T.C.W).

Penyanyi / Penari

Penyanyi dan Penari di atas kapal biasanya memainkan peran dalam acara produksi. Proses rekrutmen untuk posisi-posisi ini agak membingungkan dan kurang konsisten; kadang-kadang rekrutmen ini diurus oleh perusahaan kapal pesiar sendiri, kadang-kadang oleh agen produksi dan hiburan. Penyanyi atau penari melapor langsung ke direktur bagian hiburan (cruise director). Dia harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib di atas kapal. Dia harus memiliki pengetahuan yang baik tentang semua ketentuan dan peraturan Standards of Training, Certification and Watchkeeping for Seafarers (S.T.C.W).

Penjaga kolam renang

Penjaga kolam renang bertanggung jawab untuk mengawasi keselamatan penumpang di seluruh area kolam. Dia harus memiliki pengalaman kerja sebelumnya sebagai penjaga kolam renang dan/atau sertifikasi sebagai penjaga kolam renang yang masih berlaku. Dia harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib di atas kapal. Dia harus memiliki pengetahuan yang baik tentang semua ketentuan dan peraturan Standards of Training, Certification and Watchkeeping for Seafarers (S.T.C.W).

Instruktor selam P.A.D.I. (Professional Association of Diving Instructors)

Instruktor selam P.A.D.I berkerja baik di atas kapal maupun di darat. Instruktor selam P.A.D.I ini harus memiliki minimal 50 sertifikasi. Dia harus lulus tes kemampuan fisik sebelum mendapatkan pekerjaan dengan perusahaan kapal pesiar. Dia harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib. Dia harus memiliki pengetahuan yang baik tentang semua ketentuan dan peraturan Standards of Training, Certification and Watchkeeping for Seafarers (S.T.C.W).

Asisten Manajer Panggung

Asisten Manajer Panggung bekerja sama dengan Manajer Panggung dalam semua persiapan untuk pertunjukan dan penampilan dari: musisi, penyulap, ahli bicara perut, penari, penghibur tamu, grup musik, band, pertunjukan panggung langsung dll. Asisten Manajer Panggung ini memastikan bahwa semua detil-detil teknis sehubungan dengan peralatan kabel, audio dan pencahayaan sudah beres. Selama pertunjukan dan acara hiburan, dia memastikan bahwa semua detil-detil teknis sehubungan dengan pencahayaan panggung dan lampu sorot juga beres. Dia juga bertanggung jawab atas pemeliharaan dan perbaikan semua peralatan teknis yang digunakan di departemen masing-masing. Dia harus berpartisipasi dalam semua latihan keselamatan wajib

Ya, Saya Ining Mengetahui semuanya

Content is protected