Cara Dapat Kerja Di Kapal Pesiar!

Perekrutan Untuk Industri Kapal Pesiar Di Indonesia

Bagaimana perekrutan untuk bekerja di kapal pesiar diatur di Indonesia dan di seluruh dunia? Hal ini adalah sesuatu yang sangat tidak jelas bagi orang yang tidak terlibat dalam industri ini, dan untuk memperoleh pekerjaan di kapal pesiar, Anda harus tahu bagaimana proses ini berjalan!

Salah satu masalah dengan perekrutan untuk bekerja di kapal pesiar dewasa ini adalah, bagi orang yang tidak terlibat dalam industri ini/pelamar baru, di mana dan bagaimana untuk melamar serta apa yang bisa diharapkan dalam proses perekrutan sendiri sangat membingungkan, terutama jika Anda mencari informasi sendiri di internet. Ada 80 perusahaan kapal pesiar di seluruh dunia dengan lebih dari 320 kapal laut (dengan kapasitas 100 sampai 6900 penumpang, tidak termasuk awak kapal). Di sinilah ada beberapa pedoman minimal bagi Anda untuk membaca:

Omong-omong: jika Anda melamar dengan ‘cara yang tepat’ masalah ini tidak terlalu sulit diatasi. Masalahnya justru timbul karena sedikit sekali orang yang bisa menjelaskan kepada Anda apa cara yang tepat tersebut. Kami di Info Cruise International Indonesia berniat untuk menjelaskan kepada Anda bagaimana proses perekrutan ini berjalan supaya Anda sama sekali tidak buang waktu atau uang Anda.

Pertama-tama: Mengapa Anda harus menggunakan sebuah Agen Perekrutan Kapal Pesiar Resmi dan tidak hubungi perusahaan kapal pesiar langsung? Kantor pusat perusahaan kapal pesiar mungkin berada di Amerika Serikat, misalnya.

Bagi kebanyakan perusahaan kapal pesiar, pertanyaanya bukan mengapa lebih baik melamar melalui agen. Metode itu justru lebih disukai perusahaan tersebut dan seringkali merupakan satu-satunya cara. Ini berarti bahwa jika Anda berasumsi saja bahwa mengirimkan resume Anda ke kantor pusat di Amerika, atau di tempat lain di dunia di mana kantor pusat perusahaan kapal pesiar berada, dan berpikir perusahaan kapal pesiar tersebut akan otomatis memberikan Anda pekerjaan di kapal pesiar, maka Anda sangat salah. Jika perusahaan kapal pesiar membuat sangat jelas di website bahwa Anda harus mendaftar melalui salah satu dari ‘mitra perekrutan resmi ‘ mereka di negara di mana Anda tinggal, maka itulah yang harus Anda lakukan. Anda tidak punya pilihan lain selain untuk melamar di sana!

Banyak perusahaan kapal pesiar mengandalkan jaringan khusus ‘mitra perekrutan kapal pesiar resmi’ dari seluruh penjuru dunia untuk membantu dengan kebutuhan perekrutan spesifik mereka. Pertimbangkanlah bahwa karyawan kapal pesiar mungkin berasal dari lebih dari 100 negara, banyak diantaranya berada jauh dari kantor pusat perusahaan kapal pesiar. Meskipun beberapa agen perekrutan awak kapal tidak memiliki kewenangan untuk benar-benar mempekerjakan para pelamar kapal pesiar, tapi mereka berwenang untuk: menyaring, mempersiapkan, memberikan informasi yang diperlukan tentang proses rekrutmen dan mempersiapkan wawancara kerja atas nama perusahaan kapal pesiar. Oleh karena itu, Anda harus mengenali dan memahami pentingnya agen-agen seperti ini.

Perusahaan kapal pesiar membutuhkan agen-agen perekrutan justru karena tidak mungkin untuk menangani begitu banyak yang terlibat dalam seluruh proses perekrutan dari kantor pusat, seperti; persiapan dokumen, visa, prosedur medis, instruksi tiket dll … dan mungkin banyak keperluan lainnya dari pelamar. Menangani proses ini dari, misalnya, kantor pusat di Amerika Serikat memang mustahil. Perbedaan waktu sendiri akan menggagalkan seluruh proses perekrutan.

Intinya adalah bahwa ‘mitra perekrutan kapal pesiar resmi’ tersebut memiliki kemampuan untuk mempengaruhi apakah atau tidak seorang pencari kerja dipertemukan dengan Perekrut Sumber Daya Manusia dari perusahaan kapal pesiar sebagai calon yang memenuhi semua persyaratan. Jika agen menganggap Anda sebagai calon yang bagus, ini bisa menentukan apakah Anda diberikan kesempatan untuk wawancara kerja atau tidak! Jadi, ini mungkin berarti bekerja atau tidak bekerja! Oleh karena itu, setidaknya Anda harus menampilkan diri secara profesional seperti yang dijelaskan pada seminar oleh Info Cruise International Indonesia.

Menemukan Agen Perekrutan Kapal Pesiar di negara Anda?

Banyak perusahaan kapal pesiar membuat jelas pada halaman lowongan website resmi mereka bahwa Anda hanya
dapat mempercayai ‘agen perekrutan resmi’ yang terdaftar di sana. Beberapa perusahaan kapal pesiar bahkan menyoroti penipuan perihal bekerja di kapal pesiar yang harus dijauhi oleh para pelamar. Jadi bagaimana Anda dapat menemukan agen perekrutan kapal pesiar yang sah di negara di mana Anda tinggal?

Selain memeriksa direktori Agen Perekrutan Kapal Pesiar dalam buku ini yang diterbitkan oleh Info Cruise International Indonesia, para pelamar harus mendidik diri sendiri tentang apa yang harus mereka cari untuk memastikan bahwa sebuah agen memang memiliki nama baik. Sadarilah bahwa ada beberapa agen ilegal yang berusaha untuk mengambil uang dari para pencari kerja dengan menampilkan diri mereka secara curang sebagai perekrut resmi untuk perusahaan kapal pesiar. Agen perekrutan kapal pesiar resmi yang tercantum dalam buku ini telah diteliti dengan cermat oleh Info Cruise International Indonesia. Namun, jika Anda menemukan sesuatu yang Anda tidak percaya, harap diinformasikan kepada kami saja…..

Perlu diingat bahwa perusahaan kapal pesiar membayar mitra perekrutan resmi untuk layanan perekrutan mereka dan tidak memperbolehkan pengumpulan dari; biaya administrasi, biaya agen, biaya pemrosesan atau biaya lainnya apapun. Meskipun mungkin Anda akan menanggung beberapa biaya jika bergabung kapal (visa, pemeriksaan kesehatan, tiket penerbangan tiket, dll) namun biaya-biaya ini memang sah seperti yang tercantum dalam buku ini dan/atau lembar kerja kami. Tidak ada biaya perekrutan yang terkait dengan mendapatkan: wawancara, posisi pada kapal pesiar, dan/atau tugas di kapal. Semua agen profesional harus menyesuaikan dirinya dengan MLC 2006 (Maritime Labour Convention 2006). Jika perusahaan kapal pesiar menerima keluhan yang didukung oleh dokumentasi yang lengkap dan sah dari ‘calon yang sudah membayar’, maka kontrak dengan agen perekrutan resmi yang terlibat akan dihentikan.

Setiap perusahaan kapal pesiar menyediakan daftar dari agen yang bekerjasama mereka pada situs web mereka, dibagi berdasarkan negara lokasinya. Pertimbangkanlah bahwa sebagian besar agen perekrutan mewakili wilayah geografis yang spesifik. Sebagai contoh, pencari kerja di China kemungkinan besar akan melamar ke agen yang berbeda dibanding pelamar di Eropa. Anda juga harus menyadari bahwa tidak semua perusahaan kapal pesiar yang mencari staf Indonesia. Beberapa diantarnya melakukan sebagian besar dari perekrutan mereka di Eropa dan ada beberapa yang hanya mempekerjakan orang setempat.

Mari kita mengambil Crystal Cruises sebagai contoh dan betapa membingungkan perekrutan untuk bekerja di kapal pesiar bisa bagi orang yang tidak terlibat dalam industri tersebut, atau seseorang yang mencari pekerjaan kapal pesiar di internet.

N.Y.K. (Nippon Yusen Kaisha) adalah pemilik Crystal Cruises. NYK sendiri merupakan perusahaan kapal tangki yang sangat besar, yang kontainer pengiriman roll-offnya Anda bisa menemukan di banyak pelabuhan di seluruh dunia. NYK memiliki Crystal Cruises, yang sebenarnya adalah perusahaan kapal pesiar kecil, karena mereka hanya memiliki 3 kapal pesiar. Pada gilirannya, Crystal Cruises sendiri memiliki perusahaan lain di Norwegia, dengan nama ICMA, yang menangani, mempekerjakan serta mempekerjakan kembali sebagian besar kru, staf dan petugas maritim di Eropa untuk Crystal Cruises. ICMA juga menangani kru untuk Asuka, sebuah kapal pesiar Jepang. Namun ada beberapa posisi yang ditangani oleh perusahaan lain. Bahkan dalam kapal itu sendiri, Anda dapat menemukan perusahaan lain, yang disebut konsesi. Misalnya, toko di kapal bisa dimiliki oleh satu perusahaan sedangkan spa dimiliki oleh perusahaan lain. Karyawan casino, misalnya, dipekerjakan oleh Ceasar’s Palace di Las Vegas, A.S, sementara posisi di spa ditangani oleh Steiner yang memiliki konsesi spa dan kecantikan di atas kapal.

Steiner sendiri juga menggunakan banyak perusahaan resmi di seluruh dunia yang merekrut posisi spa bagi mereka. Selanjutnya, karyawan toko bagian perhiasan dipekerjakan oleh Hubert. Int. sementara karyawan toko bagian lain dipekerjakan oleh Starboard Cruise Services. Beberapa posisi khusus, seperti staf kapal pesiar, penghibur dll, dipekerjakan melalui kantor pusat utama di Los Angeles. Para fotografer dipekerjakan oleh Paragon Pixels LLC, para musisi dipekerjakan oleh sebuah perusahaan bernama Pro Ship Entertainment, awak Filipina berasal dari NYK- Fil Ship Management, awak India berasal dari Indus Shipping and Cruising, dan posisi di bidang keamanan berasal dari APAC Marine Services Pvt Ltd di India. Selain itu, dokter dan para perawat direkrut oleh Vanter Cruise Health Services.
Apakah Anda masih berkonsentrasi? Apakah Anda masih memahaminya? Setahu saya, I.C.M.A. tidak memiliki sub-agen di Indonesia yang merekrut orang Indonesia. Nah, ini hanya 1 contoh dari perusahaan kapal pesiar, yang memiliki labirin perusahaan dan perekrut yang bekerja untuk mereka di seluruh dunia untuk mengisi kapal mereka dengan kru, staf dan petugas. Ada lebih dari 80 perusahaan kapal pesiar di dunia dengan lebih dari 320 kapal pesiar, jadi Anda bisa membayangkan betapa membingungkan proses perekrutan ini bagi orang yang tidak terlibat dalam industri ini. Lagi pula, informasi mengenai subjek ini sering berubah. Karena perekrutan internasional merupakan bidang yang sangat sulit dipahami oleh orang di luar industri kapal pesiar, maka tampaknya mudah untuk menipu orang dengan yang disebut penipuan kapal pesiar – justru karena orang tidak tahu mereka harus cari informasi yang tepat di mana. Ada juga banyak situs web yang menjual buku tentang bekerja di kapal pesiar, dan menurut pengalaman saya ada beberapa publikasi yang tidak tahu sama sekali tentang topik ini – mereka hanya mencari cara yang mudah untuk membuat uang.

Cara Menggunakan Agen Perekrutan untuk Mendapatkan Pekerjaan di Kapal Pesiar

Berikut adalah beberapa tips untuk mengikuti ketika menggunakan agen perekrutan kapal pesiar:
Sadarilah perusahaan kapal pesiar mana yang diwakili agen. Sebagai contoh, jika sebuah agen mewakili lebih dari satu perusahaan kapal pesiar, seperti Disney Cruise Lines, Royal Caribbean dan Carnival Cruise Lines, janganlah kirim tiga paket aplikasi yang identik kepada alamat yang sama. Itu benar-benar tidak berguna dan akan menjengkelkan agen perekrut tersebut.

Hanya hubungi mitra perekrutan resmi dari perusahaan kapal pesiar yang paling dekat dengan alamat tempat tinggal permanen Anda di negara Anda sendiri. Mengajukan lamaran kepada lebih dari satu mitra perekrutan kapal pesiar di negara-negara lain bisa mengakibatkan diskualifikasi Anda sebagai kandidat. Misalnya, janganlah kirim aplikasi sebagai pemegang paspor Indonesia kepada agen perekrutan dari perusahaan kapal pesiar di Australia jika perusahaan tersebut memiliki agen di Indonesia. Anda harus menghubungi agen perekrutan Indonesia itu dan bukan agen lainnya.

Ikuti petunjuk dari agen tentang cara melamar. Apakah perekrut ingin Anda mengisi aplikasi online? Pastikan aplikasi itu lengkap dan bebas dari kesalahan. Selalu simpan sebuah ‘paket aplikasi lengkap’, seperti yang dijelaskan di seminar, yang siap untuk dibawa ke wawancara Anda. Periksalah daftar cek dan semua saran dari Info Cruise International Indonesia.

Bahkan jika Anda sudah mengisi aplikasi online, kirimkan resume dan surat lamaran melalui pos atau email juga. Surat lamaran memungkinkan Anda untuk mempersonalisasi mengapa Anda melamar. Pastikan bahwa Anda menyebutkan kapan Anda menyelesaikan aplikasi online. Tindaklanjuti setelah Anda melamar. Ini merupakan salah satu cara yang pasti akan menarik perhatian perekrut. Beberapa perekrut kapal pesiar mungkin akan bekerja secara lambat untuk mengetahui apakah Anda benar-benar tertarik atau tidak. Tindaklanjuti setelah Anda mengisi aplikasi online. Tindaklanjuti setelah Anda menjalani wawancara. Tindaklanjuti sampai Anda mendapatkan pekerjaan di kapal.

Agen kapal pesiar resmi yang bekerja untuk lebih dari satu perusahaan kapal pesiar

Perekrut kapal pesiar resmi yang bekerja untuk lebih dari satu perusahaan kapal pesiar harus menangani dan menjelaskan persyaratan kontrak yang berbeda-beda. Seringkali terjadi bahwa seseorang berpikir ia harus membayar sesuatu, sedangkan orang lain yang melamar di agen yang sama tidak membayar hal itu atau membayar hal yang lain. Mitra kapal pesiar resmi tidak diperbolehkan menciptakan peraturannya sendiri, melainkan harus mengikutipersyaratan kontrak dari masing-masing perusahaan kapal pesiar. Apabila sebuah agen melakukan proses perekrutan pra-saring untuk 6 perusahaan kapal pesiar, maka agen itu harus menjelaskan 6 persyaratan kontrak yang berbeda-beda.

Perusahaan Kapal Pesiar Sering Memberikan Peringatan Tentang Penawaran Kerja yang Palsu di Kapal Pesiar

Sebagian besar manajer rekrutmen yang telah beroperasi selama bertahun-tahun dalam industri kapal pesiar sangat menyadari bahwa ada beberapa entitas yang melakukan penipuan di seluruh dunia dengan mengklaim mereka mewakili perusahaan kapal pesiar sebagai mitra perekrutan. Perusahaan kapal pesiar besar seperti Royal Caribbean, Princess Cruises, Carnival Cruise Lines, Cunard Lines, Crystal Cruises dan masih banyak lagi semua menyarankan para pencari kerja yang mengunjungi halaman lowongan mereka untuk menyadari penipuan tersebut, yang sayangnya sering muncul di seluruh dunia.
Perusahaan kapal pesiar sering menganjurkan agar para pelamar hanya menggunakan ‘mitra perekrutan resmi ‘ yang tercantum pada situs web mereka dan memberikan peringatan mengenai perusahaan atau agen yang mengenakan biaya perekrutan. Sebagai contoh, Disney Cruise Lines menyatakan di situs web mereka bahwa mereka “tidak mengizinkan perusahaan-perusahaan ini untuk mengenakan biaya administrasi, biaya agen, atau biaya pemrosesan untuk kandidat yang melamar posisi, atau untuk mendapatkan wawancara, posisi atau tugas di atas kapalkapal milik Disney Cruise Lines.”

Tips Untuk Mengidentifikasi Penipuan Tentang Bekerja di Kapal Pesiar di Negara Anda Sendiri atau Melalui Internet! Meskipun ini adalah daftar yang cukup komprehensif, hampir tidak mungkin untuk mengetahui tentang setiap jenis penipuan mengenai pekerjaan di kapal pesiar. Sayangnya, pelaku penipuan akhirnya dilaporkan ke perusahaan kapal pesiar atau mitra perekrutan kapal pesiar resmi hanya ketika beberapa pencari kerja yang tidak tahu tentang penipuan tersebut kehilangan uang mereka. Kemudian penipu yang bersangkutan ditambahkan ke daftar besar yang disediakan oleh perusahaan kapal pesiar. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menghindari menjadi korban penipuan tentang bekerja di kapal pesiar.Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut, coba masukkan kata-kata ini ke google: ‘cruise lines jobs scam lists’. Sayangnya ada banyak di mana-mana.

  1. Jika sesuatu terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, maka mungkin adalah! Seberapa cepat Anda mendapatkan pekerjaan di kapal pesiar tergantung pada lowongan yang ada. Jadi, bila seseorang di balik alamat e-mail atau yang disebut agen perekrutan mengatakan bahwa Anda akan mendapatkan pekerjaan segera setelah Anda kirim pembayaran kepada mereka, maka ini merupakan bendera merah (alarm) bahwa ada sesuatu yang tidak sah. Pertama-tama, biasanya perekrutan adalah proses lama, karena perusahaan kapal pesiar beroperasi secara jangka panjang, dan kedua Anda sebaiknya jangan pernah membayar terlebih dahulu.
  2. Agen perekrutan untuk bekerja di kapal pesiar yang sah tidak pernah meminta uang dari pelamar. Ini adalah salah satu aturan paling dasar untuk memahami dalam menentukan apakah agen kapal pesiar yang bersangkutan adalah penipu atau tidak. Mitra perekrutan kapal pesiar resmi tidak pernah memungut yang disebut biaya perekrutan apapun dari pelamar supaya pelamar tersebut dapat dipertimbangkan untuk bekerja di kapal pesiar. Mitra perekrutan resmi juga tidak pernah mengambil uang sebelumya untuk seragam ataupun biaya medis/kesehatan. Biaya-biaya yang akan Anda harus menanggung sendiri akan dijelaskan kepada Anda, tetapi hanya setelah Anda sudah dipekerjakan oleh wakil resmi dari perusahaan kapal pesiar (MLC 2006: Maritime Labor Convention melarang ini).
  3. Perekrut kapal pesiar yang sah tidak pernah mengirim e-mail yang menawarkan pekerjaan di kapal pesiar sebelum aplikasi resmi diisi dulu. Dalam beberapa jenis penipuan, sebuah e-mail dikirim dulu oleh penipu, menawarkan yang disebut pekerjaan di kapal pesiar. Setelah calon anggota kru menanggapi penawaran e-mail ini, ia diminta mengisi aplikasi pekerjaan. Aplikasi pekerjaan yang palsu ini meminta informasi latar belakang pribadi tentang calon karyawan tersebut yang mungkin akan digunakan untuk tujuan jahat/ilegal. Mungkin nomor paspor/kartu kredit Anda akan digunakan untuk membeli produk-produk atas nama Anda sendiri.
  4. Pelamar kerja di kapal pesiar tidak membutuhkan “pengacara imigrasi’ ataupun ‘Green Card’. Pelaku penipuan mungkin akan memberikan pelamar sebuah ‘kontrak kerja’ atau ‘surat kerja’ yang palsu. Kemudian, pada saat nanti atau dalam korespondensi nanti, mereka berharap bahwa pelamar akan mengajukan salinan paspor mereka bersama dengan sejumlah US $ untuk yang disebut jasa layanan pengacara imigrasi untuk memproses surat ijin kerja. Ini sama sekali tidak diperlukan atau berdasarkan hukum. Baca bagian bukunya Paspor dan Visa untuk Bekerja di Kapal Pesiar untuk keterangan lebih lanjut tentang ini. Untuk pekerjaan di kapal pesiar, para orang Indonesia memang membutuhkan sebuah visa C1/D1 yang hanya dapat diperoleh dari Konsulat AS di Jakarta, berdasarkan ‘surat kerja’ dan agen perekrutan resmi akan menginformasikan Anda tentang proses ini. Agen perekrutan juga akan memberikan dokumen ini kepada kedutaan. Anda akan membutuhkan paspor yang masih berlaku selama setidaknya satu tahun.
  5. Situs web milik pelaku penipuan pekerjaan kapal pesiar biasanya tidak profesional. Salah satu cara untuk menentukan
    apakah agen perekrutan sah atau tidak adalah dengan memeriksa situs webnya sendiri. Bahasa Inggris yang buruk berupa kesalahan ejaan, tata bahasa dan tanda baca yang terang-terangan dapat menunjukkan bahwa situs web dan yang disebut agen perekrutan tidak sah. Ini mungkin sedikit sulit bagi orang Indonesia untuk mendeteksi, tetapi coba mengikuti naluri Anda.
  6. Pahamilah akun e-mail mana yang mungkin palsu. Anda pasti tidak mau mengirim resume dan informasi pribadi Anda melalui akun e-mail yang digunakan oleh penipu. Untuk mencegah diri dari membuat kesalahan ini, berhati- hatilah dengan alamat e-mail yang menggunakan Hotmail, Gmail, Yahoo, AOL atau akun e-mail yang berbasis web dan gratis lainnya.
  7. Membiasakan diri dengan semua mitra perekrutan resmi dari perusahaan kapal pesiar. Banyak pelaku penipuan pekerjaan kapal pesiar juga menggunakan nama atau alamat e-mail yang sangat mirip dengan nama atau alamat yang digunakan oleh pekerjaan kapal pesiar. Mereka bahkan menggunakan nama-nama yang mirip dengan agen perekrutan resmi. Perhatikan detail-detail ini ketika Anda menerima korespondensi apapun. Lebih baik lagi, tetaplah dengan agen dan alamat e-mail yang telah dinyatakan sah oleh perusahaan kapal pesiar sehingga Anda tidak akan mendapat masalah.

Intinya adalah sebagai berikut. Silakan gunakan agen perekrutan kapal pesiar resmi yang terdaftar sebagai sah oleh perusahaan kapal pesiar sendiri. Jangan menerima tawaran pekerjaan dari agen yang mewakili perusahaan kapal pesiar secara curang . Dan, hanya mengirimkan resume dan informasi pribadi Anda melalui aplikasi online aman yang tiba di alamat email sah.

Info Cruise International Indonesia selalu memeriksa para perekrut di Indonesia untuk kepentingan pelamar, yaitu Anda, perusahaan kapal pesiar serta reputasinya, tetapi juga untuk kepentingan para perekrut kapal pesiar yang resmi.


Peringatan Atas Beberapa Bentuk Rekrutmen Untuk Bekerja Pada Kapal Pesiar

Karena industri ini tidak selalu jelas bagi orang luar/pendatang baru/pelamar baru dalam hal siapa adalah siapa, maka berikut ini adalah beberapa pedoman:

Jangan:
Jangan membayar pihak ketiga untuk menghadiri seminar mengenai kerja di kapal pesiar/seminar pelatihan yang diselenggarakan oleh Info Cruise International. Anda selalu dapat mendaftarkan diri secara langsung.

Jangan:
Jangan membayar seorang perekrut dari perusahaan kapal pesiar tarif/biaya perekrutan dalam bentuk apapun. Janganlah membayar orang sembarangan hanya karena orang tersebut mengklaim dia akan membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan di sebuah kapal pesiar. Kemungkinan benar-benar tinggi bahwa orang ini justru lebih tertarik dengan mendapatkan uang Anda daripada membantu untuk mendapatkan Anda pekerjaan di sebuah kapal pesiar. Anda selalu dapat menghadiri seminar Info Cruise International jika Anda ingin mendapatkan informasi yang tepat tentang subjek ini, dan/atau mendaftar langsung ke perekrut lokal dari perusahaan kapal pesiar. Maritime Labour Convention 2006 (Konvensi Buruh Maritim) melarang Anda membayar sesiapapun yang merekrut atas nama perusahaan kapal pesiar.

Biaya yang harus dibayar sebagai bagian dari proses rekrutmen hanya terdiri dari berikut:

  • Biaya paspor yang harus Anda bayar kepada Pemerintah Indonesia.
  • Biaya visa yang harus Anda bayar kepada konsulat/kedutaan, biasanya konsulat/kedutaan Amerika Serikat.
  • Marlin Test (Ujian Marlin)/Sebuah ujian bahasa Inggris yang dipersyaratkan oleh semua perusahaan kapal pesiar.
  • Biaya sertifikat S.T.C.W sebagaimana dipersyaratkan oleh hukum kelautan
  • Biaya pemeriksaan kesehatan.
  • Biaya Pelatihan Perusahaan resmi yang merupakan bagian dari strategi perusahaan kapal pesiar.
  • Sebagian dari biaya-biaya ini mungkin dapat dibayar selama proses rekrutmen masih berjalan, tapi sisanya dibayar
    hanya setelah Anda dipekerjakan.

Sebagian besar dari biaya yang harus dibayar merupakan biaya “sekali bayar saja”, misalnya: paspor yang berlaku untuk jangka waktu lima tahun; visa pelaut Amerika C1/D1 (American C1/D1 seaman visa) yang berlaku untuk jangka waktu lima tahun dll. Mengingat ini, jika Anda berharap bekerja pada kapal pesiar selama bertahun-tahun, biaya Anda jika diperhitungkan secara bulanan dapat menjadi semurah US $ 20,00 per bulan – ini merupakan jumlah yang tidak terlalu besar jika Anda mendapatkan gaji sebesar US $ 2000,00 per bulan sebagai pramusaji di atas kapal pesiar.

Bagaimana Anda mengenali perekrut resmi?

Buka situs resmi dari perusahaan kapal pesiar yang bersangkutan dan periksa negara Anda sendiri – Perekrut resmi akan tercantum di sini:

Sebagai contoh, bukalah website Royal Caribbean International: www.royalcareersatsea.com, kemudian buka ‘hiring partners’; di sinilah, Anda akan menemukan perekrut lokal yang resmi, sah dan bersertifikasi yang sesuai dengan Maritime Labour Convention 2006 (Konvensi Buruh Maritim). Harap dicatat bahwa perusahaan kapal pesiar menempatkan banyak peringatan pada situs-situsnya mengenai penipuan yang sering dilakukan di seluruh dunia. Banyak perusahaan kapal pesiar lain yang memiliki sistem serupa, di mana mudah melihat siapa perekrut yang resmi dan sah dari perusahaan tersebut.
Biro-biro perekrutan ini juga biasanya menangani kontrak kru yang diperpanjang dan dapat memberi informasi terbaru tentang kontrak, dokumen, pelatihan yang dipersyaratkan, visa dll.


10 hal yang harus Anda ketahui tentang melamar pekerjaan di industri kapal pesiar

1

Dewasa ini, melamar pekerjaan secara umum, tetapi khusus untuk pekerjaan di industri kapal pesiar, telah menjadi seperti kompetisi dan karena itu memerlukan beberapa persiapan yang baik. Membaca dan memahami buku petunjuk ini adalah langkah pertama yang sangat baik.

2

Mendapatkan pekerjaan di kapal pesiar untuk pertama kalinya adalah yang paling sulit, karena industri kapal pesiar akan selalu mencoba untuk mempekerjakan kembali orang dengan pengalaman di kapal. Hal ini hanya karena mereka sudah tahu semua seluk beluk dari kehidupan di kapal dan, oleh karena itu, lebih aman untuk perusahaan kapal pesiar untuk mempekerjakan orang seperti itu.

3

Paket aplikasi/pelamaran keseluruhan Anda hampir seperti kartu bisnis Anda dan harus membuat kesan pertama yang baik.

4

Paket keseluruhan harus selalu terdiri dari: foto yang baik, mengesankan dan positif yang diambil dalam suasana/tempat bisnis, surat lamaran, daftar riwayat hidup/resume, daftar referensi, salinan ijazah dan lokakarya yang Anda menghadiri dan salinan referensi tertulis. Beberapa perekrut membutuhkan salinan yang diterjemahkan tapi itu hanya untuk beberapa posisi khusus dan Anda akan selalu diberitahu tentang hal itu oleh perekrut.

5

3 item pertama: foto, surat lamaran dan daftar riwayat hidup/resume menjelaskan tentang diri Anda. Sisanya membuktikan bahwa semua yang Anda ceritakan memang benar – jadi sebenarnya yang Anda kirim itu merupakan bukti. Perusahaan kapal pesiar merasa aman mempekerjakan kandidat yang memiliki kelengkapan dokumentasi and membuat kesan baik.

6

Para perekrut di industri kapal pesiar juga manusia dan mungkin suka atau tidak suka orang lain. Perekrut mungkin tidak akan mengakuinya, tapi tentu saja mereka juga memiliki preferensi pribadi. Oleh karena itu, Anda harus mulai dengan foto dan kesan yang sangat positif ketika Anda bertemu dengan perekrut. Itu adalah hal yang paling aman untuk dilakukan.

7

Ketika Anda mengunjungi situs web perekrut kapal pesiar, periksa apakah mereka memiliki persyaratan khusus yang Anda dapat mengantisipasi di dalam paket aplikasi Anda. Itu adalah awal yang aman.

8

Perekrut mungkin akan mempertanyakan ide-ide Anda tentang masa depan. Pertanyaan ini hanya untuk mengetahui apakah Anda memiliki rencana berkarir jangka panjang. Orang-orang yang memiliki rencana jangka panjang kemungkinan besar dapat menangani kekecewaan dan karena itu orang seperti ini lebih aman untuk dipekerjakan

9

Sebuah eksperimen yang sangat menarik pada National Geographic menunjukkan 50 pasang kembar yang melamar kerja, jadi total 100 orang, dan masing-masing dari si kembar harus mengucapkan 4 kalimat yang sama tapi dalam urutan yang berbeda. Coba tebak siapa yang berhasil dipekerjakan. Si kembar yang mulai dengan 2 kalimat positif. Positif adalah aman!

10

Singkatnya, Anda harus membuat kesan pertama yang baik secara tertulis dan/atau pada pertemuan pertama. Ini akan memberikan Anda dasar yang baik untuk hubungan Anda dengan perekrut.

Content is protected